Saturday, June 30, 2012

IELTS Class; Antara Jenuh dan Semangat


Pada Ahad (26/06/12), beberapa minggu yang lalu, aku tiba di Pare, sebuah desa yang sudah terkenal dengan sebutan Kampung Inggris.

Perjalananku ke Pare pada awalnya hanya ingin mengisi kekosongan setelah mengikuti MTQ yang cukup menguras otak dan fisik, aku tergerak ingin memperdalam bahasa Inggris, karena melihat suasana lingkungannya yang sangat mendukung. Sebenarnya ada juga hal lain yang membuatku menginjakkan kedua kaki di Pare, yaitu karena ingin memperdalam TOEFL IBT (Test of English a Foreign Language Internet-Based Test) dan IELTS (International English Language Testing System). Alasannya, salah satu dari anggota keluarga menawarkan aku untuk melanjutkan postgraduate ke eropa, tapi harus memenuhi salah satu persyaratan yaitu memiliki nilai IELTS minimum 6.5.


ELFAST (http://elfast-pare.com/), salah satu dari ratusan lembaga kursus bahasa Inggris di Pare yang akhirnya ku ambil untuk memperdalam materi-materi yang berkaitan dengan IELTS. Pertama kali masuk kelas aku rada bingung, karena langsung disuruh mengarang dalam bahasa Inggris dari sebuah pernyataan masalah. Lama kelamaan aku merasa sedikit faham, karena sudah diajarkan oleh seorang tutor yang sangat sabar dan berpengalaman yang sebentar lagi mau ke USA, Ms. Jun itulah namanya. Beliau mengajar materi Writing dan Speaking. Pada materi Writing ini ternyata memiliki cukup banyak kerumitan, karena kita dituntut untuk memahami pertanyaan dan pernyataan yang harus dijawab dengan baik tentunya sesuai dengan yang diperintahkan, ada line graph, bar chart, diagram, picture, flow chart, letter dan lainnya dengan total minimum 150 kata. Ada lagi materi Writing lainnya yang harus dikerjakan paling sedikit 250 kata, soalnya berkisar tentang permasalahan terkini yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari, beserta pendapat masing-masing dalam menyikapi hal tersebut.

Satu lagi materi yang dipegang Ms. Jun yaitu Speaking, memang perlu diakui bahwa pembendaharaan vocab yang aku punya kurang banyak, maklum bahasa Inggris kurang ku jamah lagi karena terlalu lama berada di daerah arab. Meskipun demikian aku bawa enjoy saja alias tidak terlalu diambil pusing, semuanya dibiarkan mengalir, tidak terlalu menganggapnya beban yang berat. Pemberian tips dan trik dalam menghadapi materi Speaking pun dibeberkan dengan cukup jelas, sehingga kita bisa percaya diri dalam menghadapi tes Speaking dengan penguji nantinya.



Dua lagi materi yang ada di IELTS yaitu Reading dan Listening, yang membuat siswa menghilang satu persatu, dari jumlah awal 20 orang menjadi 11 yang masih bertahan hingga acara farewell party , entahlah apa alasan sebenarnya, mungkin jenuh atau rada membosankan dengan materinya yang hampir 80 soal banyaknya, sebenarnya aku pun mengalami hal demikian, jenuh dan membingungkan karena isi dari kedua materi tersebut terlalu tinggi tingkat pemahamannya bagiku, pelajaran yang tidak pernah aku pelajari sebelumnya pada bidang yang aku ambil sewaktu strata satu. Aku sadar memang IELTS diperuntukkan bagi yang sudah menguasai betul bahasa Inggris, advance, sejujurnya rasa cinta terhadap ilmu itulah yang membuatku bertahan sampai kelas berakhir, tentunya juga rasa hormat kepada sang tutor yang notabene merupakan direktur dari ELFAST, Mr Andre namanya.

Perjalanan 3 pekan mempelajari IELTS pun berakhir, dari sana aku banyak memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam menghadapi IELTS, juga cara agar band scorenya bisa ditingkatkan. Yang tak kalah penting, dari sana pun aku memiliki banyak teman baru dengan latar belakang pendidikan yang berbeda-beda, dari mulai kimia, ekonomi Islam, informasi dan teknologi, hubungan internasional, pendidikan bahasa Inggris, kesenian, kedokteran hewan, perawat dan lain sebagainya, yang kesemuanya sudah mengecap pendidikan di universitas bonafid dalam dan luar negeri. Kebanyakan dari mereka ternyata menginginkan beasiswa pendidikan ke Eropa dan Asia, salah satu landasan mereka mengikuti kursus IELTS ini. Kebersamaan yang sangat berguna untuk masa depan, semoga kita semua berhasil. See you later in the future .. Better and Brighter ^_^

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca postingan ini ... Silahkan tinggalkan pesan Anda.