Sunday, June 24, 2012

Muhammad Mursi; Presiden Baru Mesir Kelima


Setelah beberapa kali mengalami penundaan, akhirnya Faruk Sultan selaku ketua Komisi Pemilihan Umum Mesir mengumumkan secara resmi pemenang pemilihan presiden Mesir putaran kedua sore waktu setempat (24/06/2012).

Dengan total suara sebesar 13.230.131 (51,73%), Muhammad Mursi terpilih secara demokratis sebagai presiden baru Mesir kelima menyaingi kompetitor terberatnya, Ahmad Syafik, yang juga sebagai perdana menteri terakhir era Husni Mubarak, dengan total suara sebanyak 12.347.380 (48,27%).

Kabar gembira ini sontak membuat masyarakat Mesir bertumpah ruah melakukan sujud syukur untuk merayakan kemenangan bersama, setelah revolusi bersejarah yang telah menumbangkan rezim Mubarak selama 30 tahun.

Muhammad Mursi yang telah diusung oleh Partai Kebebasan dan Keadilan untuk maju sebagai presiden Mesir lahir di provinsi Sharqiya, pada tanggal 20 Agustus 1951. Dia lulus dengan gelar sarjana teknik dari Universitas Kairo pada tahun 1975 dengan nilai summa-cumlaude dan mendapatkan gelar master teknik di Universitas yang sama pada tahun 1978. Lalu dia mendapat gelar PhD dari University of Southern California Amerika pada tahun 1982.

Mursi menjadi Presiden pertama Mesir dari kalangan sipil, karena pada periode-periode sebelumnya Mesir selalu dipimpin dari kalangan militer, Muhammad Naguib, Gamal Abdel Nasser, Anwar Sadat dan terakhir presiden terguling Husni Mubarak.

Harapan ke depan semoga Mesir kembali menjadi negeri yang aman jauh dari perselisihan, perpecahan, terhindar dari segala marabahaya, para turis dari berbagai macam negara pun kembali berbondong-bondong mendatangi negeri yang terkenal sangat eksotis dari sektor pariwisatanya ini, sehingga kestabilan ekonomi masyarakat Mesir kembali membaik. Tentunya yang paling penting keberadaan Al Azhar sebagai pusat peradaban keilmuan Islam tetap kokoh dan nyaman bagi para penuntut ilmu.

Sekali lagi selamat kepada masyarakat Mesir atas terpilihnya presiden baru Muhammad Mursi. Tahya Masr .. Tahya Azhar ..

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca postingan ini ... Silahkan tinggalkan pesan Anda.