Monday, February 15, 2010

Wawancara Eksklusif Bapak H. Nasruddin Lathief, MA - Libya


Kapan Bapak lulus dari Attaqwa, serta bagaimana perjalanan studi Bapak?

Kalau ditanya lulus, sebenarnya saya tidak lulus. Yang tepat adalah lolos. Karena saya tidak tamat sampai kelas 6. Saya hanya menyelesaikan kelas 3 MTs saja. Jadi saya lolos Mts tahun 1976. Ceritanya begini, pada tahun tersebut saya termasuk siswa bersama H. Maturidi Muhiddin, yang mengikuti ujian negeri. Dari siswa kelas 3 MTs hanya saya berdua saja. Sedangkan yang lain semuanya dari abituren atau santri yang telah lulus dan mengabdi di pondok. Saya mendengar kabar bahwa siapa saja yang mengikuti ujian negeri, akan dikeluarkan dari pondok. Saya merasa termasuk dari mereka itu. Namun, saya masih mengikuti ujian akhir kelas 3 MTs, walau hanya mengerjakan soal sebentar dan keluar. Sehingga sempat ditanyakan oleh alm. Guru Tadjuddin Marzuki, “Kemana Nasruddin? Tidak ikut ujian?” Kawan-kawan menjawab bahwa saya sudah keluar. Kendati demikian, kalau tidak salah saya masih menduduki rangking ke-2 dalam kenaikan kelas ujian tersebut.

Akhirnya saya mendaftar ke SPIAIN (Sekolah Persiapan IAIN) -setingkat Aliyah-, Ciputat. Sekarang sudah berganti menjadi MAN 3. Ketika mendaftar, saya ditanya mau ikut tes kelas berapa? Saya jawab. “Kelas 2”. Ternyata saya lulus. Sehingga saya tidak merasakan duduk di kelas 1. Mungkin bisa saya katakan bahwa kurikulum pondok Attaqwa saat itu cukup bagus sehingga santrinya bisa lulus walau bukan pada mustawa-nya (tingkatan). Dalam pikiran saya, andaikan saya ikut tes kelas 3, saya yakin akan lulus.

Setelah lulus, saya melanjutkan ke IAIN (kini: UIN). Ada beberapa Fakultas yang saya geluti, karena saya dari SPIAIN bisa mendaftar di beberapa Fakultas sebelum menentukan pilihan yang tepat. Tapi saya juga mengikuti tes negeri (saat itu namanya SKALU). Saya pilih jurusan Sastra Arab UI. Saya lulus juga, dan akhirnya saya pilih Sastra Arab UI di Rawamangun. Di Jurusan tersebut saya juga menempati ranking tertinggi dalam pengumpulan SKS, sehingga saya diberikan beasiswa dari Pemda DKI yang saat itu dipimpin oleh Gubernur Pak Tjokropranolo.

Setelah satu tahun setengah menjalani kuliah, saya mulai gelisah karena untuk menjadi sarjana, menurut saya mudah. Tapi belum tentu berilmu dan berkualitas. Saat itulah saya berkata kepada orang tua bahwa saya ingin melanjutkan kuliah ke Mesir. Permintaan itu didukung oleh orang tua, maka pada bulan januari 1982 saya tiba di Kairo dan mengambil cuti di UI. Tapi saya baru masuk kuliah pada bulan September 1982. Saya masih ingat pengumuman di Universitas Al-Azhar bahwa hasil pengumuman bahwa saya diterima kuliah tertulis dengan tulisan tangan, sedangkan di sebelah atasnya tertulis dengan mesin ketik. Wallahu A’lam apakah karena saya alumni lama (tahun 1979) atau ada pertimbangan hal yang lain. Tapi saya kira di samping itu, yang menjadi pertimbangan barangkali nilai ijazah Aliyah saya cukup tinggi. Kalau tidak begitu, bisa saja saya tidak diterima. Tapi teka-teki tersebut sampai sekarang tidak terjawab. Saya hanya bersyukur saja pada Allah bahwa cita-cita untuk kuliah di Al-Azhar tercapai.

Pada tahun 1982, untuk pertama kalinya saya melaksanakan haji dan bekerja kepada Syaikh di Makkah mengurus jamaah haji. Setelah lulus di Mesir saya melanjutkan ke Islamabad, Pakistan. Disana saya banyak bertemu dengan para alumni Attaqwa yang melanjutkan studinya di IIUI. Dan pertemuan tersebut berlanjut di milis attaqwa-bekasi@yahoogroups.com hingga sekarang. Cuma sangan disayangkan, para ‘pejabat resmi’ saya lihat belum ada yang ada yang jadi member dengan milis yang banyak berbicara untuk kemajuan Attaqwa tersebut.

Saat ini, apa kesibukan Bapak?

Di KBRI Tripoli saya bertugas sebagai staff Politik. Sebelumnya saya pernah bertugas sebagai staf Bidang Urusan Haji (BUH), Konsulat Jenderal RI di Jeddah, dan juga pernah bertugas sebagai APRO (Asst. Public Relation Officer) di Konsulat Agung Negara Brunei Darussalam juga di Jeddah. Kemudian saya kembali ke Jakarta dan mengabdi sebagai tenaga pengajar di Universitas Paramadina, Jakarta. Bahkan saya pernah menjabat sebagai Ketua Jurusan Falsafah dan Agama di Universitas tersebut sebelum akhirnya saya berangkat ke Tripoli. Keberangkatan ke Tripoli ini didahului dengan mengikuti tes di Deplu Jakarta untuk Lokal Staf. Karena faktor usia, saya yang tidak lagi pantas untuk penerimaan diplomat. Tapi saya bersyukur karena mantan santri Attaqwa bisa demikian. Sedikit info, ada pengakuan dari pimpinan bahwa kalau kemampuan sama dengan diplomat, cuma nasib saja barangkali yang berbeda….haaa..haaa. (Pujian itu bukan kepada saya, tapi kepada Attaqwa yang telah melahirkan alumni yang berkemampuan bagus).

Bisa sedikit digambarkan bagaimana tentang kondisi Libya?

Libya, lengkapnya cukup panjang, yaitu Great Socialist People’s Libyan Arab Jamahiriya (GSPLAJ). Bahasa Arabnya, Al-Jamahiriyah al-Arabiyah al-Libiyah al-Sya’biyah al-Isytirakiyah al-Udzma, biasa disingkat dengan al-Jamahiriyah al-Udzma atau al-Jamahiriyah saja. Sistem demokrasinya adalah demokrasi langsung dan kekuasaan rakyat dengan motto, ‘Parlemen yang memutuskan dan Kabinet yang melaksanakan, berdasarkan gagasan pemikiran yang diformulasikan oleh Kol. Muammar Gaddafi, Pemimpin Libya. Kol. Gaddafi tidak menduduki jabatan resmi dalam pemerintahan. Dia hanya the leader (Pemimpin Libya), atau lebih tepatnya the leader of Al-Fateh Revolution. Kekusaan tertinggi ada di tangan rakyat melalui Parlemen yaitu, General People’s Congress (GPC). Keanggotaan parlemen ini dimulai dari Basic General People’s Congress. Semua keputusan penting harus melalui parlemen, sedangkan Kabinet (General Peole’s Cabinet) melaksanakan apa yang telah diputuskan oleh parlemen. Ketua Kabinet atau Perdana Menteri sekarang adalah Dr. Al-Baghdadi Ali Al-Mahmudi, sedangkan ketua parlemennya adalah Embarek Ammar Al-Samekh. Parlemen menjadi kekuasaan tertinggi sebagai representatif rakyat. Karena itu, kresidensial para duta besar asing disampaikan kepada ketua parlemen, bukan kepada PM atau kepada Kol. Gaddafi. Itu sedikit gambaran ringkas mengenai sistem pemerintahan Libya.

Sedangkan mengenai pembangunan Libya, sebagaimana kita ketahui bahwa Libya baru saja mendapat pencabutan sanksi PBB yang dikenal dengan embargo pada tahun 2003. Libya saat ini sedang giat-giatnya membangun fasilitas infrastruktur di dalam negeri. Dari sisi ekonomi, Libya mempunyai cadangan devisa sangat kuat, bahkan termasuk negara yang tidak terkena imbas krisis ekonomi dunia akhir-akhir ini -dimana negara kaya banyak yang terkena termasuk Uni Emirat Arab, Dubai, dsb-. Libya yang perharinya menghasilkan 1,7 juta barel minyak, rencananya akan ditingkatkan menjadi 3 juta barel perhari pada tahun 2013. Kekayaan alam yang lain adalah gas dan tenaga surya juga angin. Karena itu, banyak perusahaan asing EP (Eksplorasi dan Produksi) yang bergerak di bidang perminyakan, termasuk Pertamina dan PT. Medco Energy dari Indonesia bekerja sama dengan Libya. Sedangkan di bidang infrastruktur, banyak perusahaan asing yang bergerak membangun pembangunan yang digalakkan oleh pemerintah Libya tersebut.

Perusahaan Indonesia juga ada yang mendapat proyek pembangunan infrastruktur, yaitu PT. Citramegah Karya Gemilang (CKG) yang bekerjasama dengan PT. Inti Karya Persada Teknik (IKPT). Di samping itu, ada juga beberapa perusahaan Indonesia yang mendapat kontrak pembangunan infrastruktur yang lain.

Bagaimana gambaran pendidikan tinggi Islam di Libya?

Di Tripoli terdapat sebuah lembaga Pendidikan Islam yang dikelola oleh World Islamic Call Society (WICS) atau Jam’iyyah al-Dakwah al-Islamiyah al-'Alamiyah. Sekjennya bernama Dr. Mohamed Ahmed Sherif. (WICS ini yang membangun Gaddafi Islamic Center di Sentul dan rencananya akan membuka cabang Kulliyah al-Dakwah al-Islamiyah (KDI) disitu). Lembaga ini seperti Al-Azhar di Mesir yang mengelola Universitas Al-Azhar. Lembaga pendidikan yang dikelola oleh WICS bernama KDI. Mahasiswa Indonesia yang belajar di lembaga tersebut saat ini berjumlah ±130 orang. KDI hanya menerima 1000 mahasiswa dari seluruh dunia, dan semuanya diberikan beasiswa (saya lebih menekankan uang zakat, karena lebih greget).

Untuk mendaftar ke KDI, pihak WICS mempercayakan kepada perwakilannya di Indonesia yang juga merupakan alumni KDI. Namanya K.H. Muhyiddin Junaidi (biasa disapa dengan Pak Jun). Beliau juga sebagai pengurus MUI Pusat, Ketua Bidang Kerjasama Hubungan Luar Negeri MUI saat ini. Setiap tahun, mahasiswa yang ingin belajar di KDI mengikuti seleksi yang diselenggarakan di Jakarta, tempatnya di kantor PP Muhammadiyah Menteng. Bagian yang bertugas di bidang pengiriman mahasiswa LN adalah Ust. Zainal Abidin, sahabat saya alumni Universitas Zaituniyah, Tunisia. Bagi santri Attaqwa yang berminat bisa mengikuti tes tersebut di tempat yang saya sebutkan di atas dan bisa minta informasi dari Ust. Zainal Abidin di PP Muhammadiyah. Setiap tahun, Indonesia mendapat quota belasan mahasiswa untuk belajar di KDI.

Adakah pesan dan Kesan untuk Attaqwa tercinta?

Pesan saya, pertama untuk para sesepuh perguruan putra dan putri agar bergabung dengan milis grup Attaqwa-Bekasi, karena milis tersebut berbicara tentang kepedulian mengenai perguruan Attaqwa, terutama kepala Perguruan dan Kepala Sekolah seperti Guru Nurul Anwar, Guru Masilla, dsb.

Kedua, pesan saya kepada para santriwan/wati agar memanfaatkan sebanyak mungkin media untuk melihat dunia. Kalau pada zaman saya di pesantren semua masih serba mustahil, sekarang tidak lagi. Semua informasi mengalir dengan deras, ‘ragma anfih’, kata orang Arab.

Kesan saya, pertama kepada para ‘sesepuh pengelola’ Attaqwa masih mengidap penyakit post power syndrome. Saya masih mendengar ada kecurigaan, misalnya, milis itu sebagai tempat orang-orang yang mengkritik Attaqwa, yang sebenarnya seharusnya malah berterima kasih bahwa para alumni sangat perduli pada perguruan. Seharusnya berfikir positif saja, bahwa semua kritikan tersebut merupakan penilaian yang sangat netral yang bisa dijadikan barometer pengelolaan perguruan selama ini.

Kesan kepada santriwan/wati saya tidak ada karena sudah kelamaan.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca postingan ini ... Silahkan tinggalkan pesan Anda.